Kamu mungkin pernah membaca instruksi menggunakan unsalted butter atau salted butter pada resep kue. Perbedaan mendasar mentega asin dan mentega tawar adalah penggunaan garam. Pada dasarnya, mentega terbuat dari 80 persen lemak susu, 18 persen air, dan 2 persen padatan terutama protein dan garam. dan ini kita coba cari tahu perpedaan mentega tawar ( unsalted butter ) mentega asin ( salted butter )

Proses membuat mentega

Baca juga : Tips Bekukan Mentega agar Lebih Tahan Lama dan Tidak Jamuran

Proses membuat mentega awalnya krim yang dipasteurisasi dikocok atau diaduk sampai lemak susu terpisah dari buttermilk atau cairan asli dari lemak itu. Setelah itu, mentega dicuci bersih. Selanjutnya, mentega diberi tambahan garam untuk salted butter. Sementara, unsalted butter bisa langsung dikemas. Garam mempunyai sifat sebagai pengawet alami, sehingga masa simpan mentega asin lebih lama daripada mentega tawar. Mentega asin awet sampai 5 bulan di dalam kulkas, apabila cara menyimpannya benar. Sementara, mentega tawar sampai 3 bulan.

 

Kapan pakai unsalted butter atau salted butter ?

unsalted butter dan salted butter saling menggantikan, tetapi ada sejumlah roti atau kue yang lebih baik mengikuti instruksi pada resep. Kamu dapat menggunakan mentega asin saat membuat kue kering atau kukis yang rasanya manis. Tujuannya untuk meningkatkan rasa. Mentega asin juga biasanya dipakai sebagai olesan roti tawar atau toast yang dapat memberi rasa gurih dan tidak plain.

Adonan roti beragi, sebaiknya gunakan mentega tawar. Penggunaan mentega asin dapat mematikan ragi yang memang sensitif terhadap garam. Rata-rata resep kue kering hanya mencantumkan mentega. Tidak spesifik mentega tawar atau asin. Apabila kamu bingung harus menggunakan mentega tawar atau asin, lihat bahan dalam resep. Kalau tercantum mentega dan garam, maka lebih aman kamu menggunakan mentega tawar. Sementara, jika mau menggunakan mentega asin maka kurangi atau hilangkan takaran garam pada resep.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan cokelat Parrot dalam semua olahan dessert anda. karena Parrot cokelat menggunakan bahan-bahan premium yang sudah diuji kualitas nya sehingga anda tidak perlu ragu lagi menambahkan Parrot cokelat dalam semua hidangan yang anda buat. Untuk tau informasi lebih jelas tentang produk Cokelat Parrot bisa langsung saja cek di sini.