Buat kamu yang suka membuat baking atau masak, mungkin kamu punya stok mentega. Jangan lupa untuk menyimpan mentega di kulkas agar tidak jamuran. Mentega memiliki masa simpan sekitar empat bulan di kulkas, sehingga kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama dengan kualitas yang masih bagus. Walaupun begitu, mentega tetap harus disimpan dalam kondisi yang baik dan harus disimpan di dalam freezer. Jenis mentega ada dua yaitu mentega asin dan mentega tawar. Meskipun keduanya sama-sama mentega, tetapi memiliki jangka waktu penyimpanan yang berbeda. Mentega asin akan bertahan sekitar satu tahun di dalam kulkas, sedangkan mentega tawar akan tetap segar selama enam bulan.

Lalu bagaimana jika mentega disimpan selama satu tahun? Mentega yang dibekukan selama setahun masih aman untuk dipakai, asalkan mentega tetap beku sepanjang waktu, atau tidak dibiarkan berlama-lama di ruang terbuka. Namun, kemungkinan kamu akan melihat kristal es pada mentega yang beku. Berikut lebih lanjut cara membekukan mentega agar tidak jamuran, lebih tahan lama, dan lebih praktis saat dipakai

1. Simpan mentega bersama kotak kemasannya

Kamu bisa simpan mentega bersama kotak atau plastik kemasanya ke dalam freezer. Dengan begitu kamu tidak perlu memberi label tanggal expired atau best before karena sudah tertera pada kemasannya. Sebelum masuk freezer, tempatkan kotak mentega ke dalam plastik penyimpanan terlebih dahulu.

2. Simpan mentega dalam bentuk potongan balok

Baca juga : Perbedaan Heavy Cream dan Whipping Cream untuk membuat Kue ?

Seringkali kita sulit memotong mentega yang sudah beku. Oleh karena itu, sebaiknya iris mentega menjadi beberapa potongan berukuran 1 hingga 2 sendok makan. Kemudian bungkus dengan baik menggunakan plastik atau aluminium foil, lalu masukkan ke dalam freezer.

3. Jangan simpan mentaga bersama makanan berbau menyengat


Baca juga : Bahan Pengganti Heavy Cream untuk Baking dan Memasak

Simpan mentega jauh dari bawang bombai dan makanan beku lainnya yang berbau tidak sedap. Pasalnya, mentega cenderung menyerap rasa dan bau makanan yang ada di sekitarnya.

4. Simpan mentega menggunakan aluminium foil

Kalau kemasan aslinya sudah dibuang, kamu bisa bungkus mentega dengan aluminium foil atau plastik, kemudian masukkan ke dalam freezer.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan cokelat Parrot dalam semua olahan dessert anda. karena Parrot cokelat menggunakan bahan-bahan premium yang sudah diuji kualitas nya sehingga anda tidak perlu ragu lagi menambahkan Parrot cokelat dalam semua hidangan yang anda buat. Untuk tau informasi lebih jelas tentang produk Cokelat Parrot bisa langsung saja cek di sini.